Masak ikan asam manis sesimple bikin indomie

by - 3:58 PM


Ceritanya mau posting soal masak memasak. Tentang tutorial sederhana yang mungkin bisa kalian pake sebagai anak rantau yang jauh dari dapur dan meja makan ibu. 

Sebenernya ini sempet drama yang sewaktu berangkat nunggu angkotnya lama hampir 10 menitan lebih dan berdiri dan angkot pun tak kunjung datang, sempet mau menyerah dan melipir ke indo aja beli sarden, tapi ego masih keras untuk pengen masak yang lain, dan alhasil tetap berusaha nunggu sampe ada angkot. (Sebenernya, aku penunggu setia kok, asal datengmu pasti aja ea)

Oke, no tebar-tebar kode lebih banya lagi wkwkw langsung aja disimak, judulnya Ikan Mujair Asem Manis. (tadinya mau beli gurame tapi porsinya gede2 banget dan aku cuma sendiri, jadi apalah daya pilih ikan yang sedeng aja toh buat dimakan makan sendiri, alhasil disaranin ikan mujair sama mas-masnya dan dapetlah ikan mujair) 

1. Untuk bumbu yang terkesan ribet, mari kita ringkas menjadi sangat sederhana, mudah diketahui namanya dan mudah dijangkau di pasaran. Kamu cukup perlu:

- Bawang Bombai
- Jeruk Nipis
- Cabe Besar ( Asli gatau  nama cabe ini biasa disebut apa hahaha. ini ngasal aja ngasih namanya wkwkw)
- Cabe Rawit
- Bawang Merah berserta pasangannya
- Bawang Putih (Eciye bawang aja punya pasangan masa kamu enggak ewhahaha)
- Tomat
Semua bahanya sekedarnya aja ya sesuai porsi ikan yang mau dimasak aja dan tak lupa Ikan Mujairnya yaa. Sori banget ikannya lupa nggak kefoto wkwkwkw ( Disini saya pake Ikan Mujair yang digoreng biasa bukan bakar)
Sebenernya gada alasan susah buat masak ini, karena asli cara bikinnya gajauh beda sama bikin indomie. seriusss wkwkw
2. Langkah berikutnya kamu cukup mencincang semuanya . Nggak perlu di uleg-uleg, karena terlalu ribet dan butuh tenaga lebih.  
Sori ya kalo nyincangnya terlihat jelek dan amburadulan. Kan masih belajar ehehe:))
3. Untuk bahan pelengkap kuah asam manisnya kamu hanya perlu:
- Saos Tomat
- Saos Sambal
- Saos Tiram
- Garam (Lupa nggak kefoto)
- Merica bubuk/ ladaku (Ini juga lupa nggak kefoto)
- Sedikit Gula ( Apalagi ini super kelupaan nggak di foto)

4. Cara memasaknya pun simple. Cukup di tumis jadi satu apa yang sudah kamu cincang. Lalu tunggu sampai tercium wangi harum aduhai.

Ketika wangi-wangi aroma tumisan sudah mulai tercium, kamu bisa langsung campurkan saos tomat, saos sambal, saos tiram, gula, garam, dan ladaku secukupnya (inget, pas masak harus pakai perasaan biar nggak ada kata, keasinan, kebanyakan saos, atau apalah. semua harus dirasa. pake hati. ea) lalu tumis lagi sampai merata. Tambahin air kalo dirasa terlalu kental, tapi tergantung selera. Saya sih ditambahin sedikit.
Ini nggak perlu skill khusus buat numis beginia. Saya rasa sih semua pasti bisa.
5. Saat feeling dan perasaan kamu mengatakan, apa yang sudah kamu tumis sudah tercampur dengan rata dan rasanya pas selanjutnya, masukan Ikan mujair yang sudah digoreng.

Sedikit cerita, kalo tadi beli ikan mujairnya itu di Super Indo. Awalnya sih pengen masak kepiting tapi ternyata kosong, tadinya mau pilih udang tapi takut kebanyakan dan gada yang makan, jadi alhasil pilih ikan. Sempet mikir (emang bisa ngebersiin nya? emm enggak sih, oke dalam hati sekalian sambil belajar) tapi beruntungnya di super indo lagi ada promo bisa digorengin atau dibakarin disitu juga secara gratis. Tanpa banyak galau, yaudah deh beli ikan aja dan minta digoreng.

Asli ini gampang banget dan nggak ribet. Buruan deh dicoba :p
6. Langkah hampir selesai. Saat kamu melihat Ikan yang kamu masak sudah merasuk dengan bumbu tumisan, jangan lupa kasih sedikit perasan jeruk nipis. Asli ini yang bikin tambah sedep. Asem kecut nya kerasa banget.


7. Gak sampai step ke 10 pun ini udah mateng. Kasih taburan daun bawang sedikit kalo ada, kalo enggak yaudah gapapa toh itu cuma untuk mempercantik saja.

Dengan budget yang gak sampe 50k kamu udah bisa nikmatin seafood ala-ala. Asli kalo mau coba nggak ribet kok, sekalian belajar biar nggak cuma bisa bikin indomie aja, toh bikin ini juga gak jauh beda sama masak indomie. Bahannya juga cabe-cabean dan bawang-bawangan wkwkwk



Sebenernya ini challenge untuk diri sendiri sih, kalo bisa tiap sabtu/minggu nyempetin masak buat nambah skill, biar nggak malu-malu in gitu sih katanya, dan mungkin ini juga pertama kalinya masak sendiri lagi setelah sekian lama pas dijakarta nggak pernah masak sendiri, paling sering masaknya bareng-bareng with anak kos yang cara masaknya pun musyawarah dan hasilnya pun mufakat hahaha(apasih des)


Entah kenapa hari ini bisa garcep banget dari mulai masak, trus ngefoto dan langsung pengen aja ditulis. Takut keburu males dan kehalang kamu sih ea. 

Semoga sedikit tutorial ini bermanfaat ya buat kalian yang mau coba :p dan buat yang mau dimasakin................................ bisa langsung pm :p hahahaha


List masak selanjutnya bikin apa yaaaaaa? (mikir sambil ngebayangin rayuan manismu eh)wkwkwk






See you,

Desya. 














You May Also Like

0 komentar